Poin Penting yang Harus Dicermati pada Polis Asuransi Mobil

Bagi yang memiliki mobil memberikan perlindungan pada mobil sangat penting. Cara melindungi mobil yaitu dengan mengasuransikannya. Yang mana asuransi mobil merupakan asuransi untuk memberikan perlindungan pada mobil dari kerusakan fisik atau kehilangan. Sebelum Anda setuju membeli asuransi mobil, ada baiknya cermati terlebih dahulu isi polis asuransinya dengan Cekpremi . Karena, polis asuransi itu merupakan dokumen tertulis yang berisi kesepakatan antara kedua belah pihak. Perlu Anda ketahui ketika mengajukan klaim, semua berkas akan dicocokan dengan isi polis. Jika ada yang tidak cocok dengan isi polis, ini bisa sebabkan klaim ditolak. Bila Anda ingin menjadi nasabah asuransi mobil sebaiknya cermati terlebih dahulu isi polisnya. Adapun poin penting yang harus dicermati pada polis asuransi mobil yaitu:

Jumlah premi yang harus dibayar

Poin pertama yang penting dicermati pada polis adalah jumlah premi yang harus dibayar. Premi sendiri adalah sejumlah uang yang harus disetor keperusahaan asuransi mobil. Ini menjadi hal yang wajib dilakukan nasabah sehingga Anda harus tahu berapa besar premi asuransi mobil yang harus dikeluarkan. Jika tidak mencermati ini, bisa saja pihak asuransi berbuat curang sehingga jumlah premi menjadi mahal tanpa Anda sadari. Sebaiknya premi yang harus dibayar bisa sesuai dengan keuangan Anda agar nantinya tidak macet.

Resiko yang ditanggung dan pengecualian

Tidak semua kerusakan yang terjadi pada mobil menjadi tanggung jawab dari pihak asuransi. Untuk itu, poin kedua yang harus dicermati pada polis asuransi mobil yaitu mengenai resiko yang ditanggung dan pengecualian. Bukan tidak mungkin akibat tidak cermat, maka klaim yang diajukan oleh Anda masuk dalam katagori pengecualian. Adapun resiko-resiko yang ditanggung oleh pihak asuransi mobil yaitu:

  1. kehilangan dan kerusakan akibat bencara alam dan kerusuhan
  2. Mobil mengalami goresan dan kaca retak sesuai polis
  3. Hilang karena tindakan pencurian
  4. Kendaraan ditabrak atau menabrak benda mati

Sedangkan yang masuk dalam kategori pengecualian dalam asuransi mobil diantranya:

  1. Kecelakaan yang terjadi akibat melanggar lalu lintas
  2. Mobil digunakan untuk membawa penumpang lebih dari muatan
  3. Mobil rusak akibat digunakan untuk menarik mobil lain
  4. Mobil rusak untuk belajar mengemudi
  5. Kehilangan atau kerusakan akibat di hipnotis

Daftar penerima manfaat

Poin ketiga yang tidak kalah pentingnya yaitu daftar penerima manfaat. Ini sangat penting karena hanya orang-orang yang tercantum di dalam polis saja yang bisa mendapatkan ganti rugi saat mobil rusak. Oleh karena itu, bila mobil Anda ini sering digunakan anggota keluarga seperti anak dan istri, tidak ada salahnya mencantumkan nama mereka di dalam polis. Ingat, bila mobil Anda rusak dan orang yang membawanya tidak masuk dalam polis, Anda tidak berhak untuk mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi. Pastikan juga nama-nama yang dibuat di dalam ditulis dengan benar karena salah satu huruf saja bisa membuat klaim tidak diterima.

Prosedur klaim

Banyak nasabah yang harus kecewa dengan klaim yang diajukan karena ditolak. Ini bisa jadi karena prosedur klaim yang tidak sesuai. Anda harus cermat dengan apa yang ada di dalam polis termasuk mengenai prosedur klaim. Cobalah meminta pada pihak asuransi untuk menjelaskan tata caranya klaim. Baik mengenai waktu pengajuan klaim dan dokumen yang perlu dibawa saat mengajukan klaim.

Demikianlah 4 poin penting yang harus Anda cermati pada polis asuransi mobil. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda semua.